Pengertian Sosiologi Komunikasi dan Media menurut Para Ahli
Pengertian Sosiologi Komunikasi dan Media menurut Para Ahli
Soerjono Soekanto
Definisi sosiologi komunikasi adalah
proses interaksi sosial dalam masyarakat yang saling memengaruhi antara terjadi
pengaruh dalam postif dan negatif. Bila postif proses itu akan berlangsung elok
akan tetapi jika
proses hubungan komunikasi dalam masyarakat negatif akan menimbulkan dinamika kelompok sosial dalam masyarakat.
proses hubungan komunikasi dalam masyarakat negatif akan menimbulkan dinamika kelompok sosial dalam masyarakat.
Talcott Parsons
Teori
tindakan atau action theory adalah teori tindakan sosial yang dicetuskan oleh
Talcott Parsons. Teori tindakan adalah perspektif sosiologis yang
menitikberatkan pada individu sebagai sebuah subyek. Teori tindakan memandang
aksi atau tindakan sosial sebagai sesuatu yang secara sengaja dibentuk oleh
individu dalam konteks yang diberi makna oleh mereka.
Pendekatan teori tindakan memiliki dasar atau didasarkan atas
teori interpretif yang dicetuskan oleh Max Weber yang menyatakan bahwa adalah
penting untuk mengetahui tujuan subyektif dan maksud pelaku tindakan sebelum
seorang pengamat dapat memahami makna dari tindakan sosial yang dilakukan.
Mc Quail
Pengertian sosiologi komunikasi adalah berlangsung hubungan
interaksi sosial dalam masyarakat yang cangkupannya luas, seperti halnya
mengunakan media massa. Hubungan tersebut berlangsung dalam jangka waktu
tertentu sehingga menjadi sangat berpengaruh dalam masyarakat.
Erving
Goffman
Menurutnya, sosiologi komunikasi adalah suatu cabang ilmu
sosiologi yang khusus memberikan pengatahuan tentang cara berkomunikasi dalam
masyarakat, cara ini diharapkan dapat menopang dan mengindari
bentuk gejala sosial yang bersifat negatif.
Jurgen Habersmas
Tindakan komunikatif dalam sosiologi adalah tindakan
kooperatif yang dilakukan oleh individu berdasarkan musyarawah dan argumentasi
bersama. Istilah tindakan komunikasi dikembangkan oleh Jurgen Habersmas. Ia
berpendapat bahwa interaksi manusia dalam salah satu bentuk dasarnya bersifat
komunikatif dan bukan bersifat strategis.
Kesimpulan
Dari pengertian sosiologi komunikasi menurut para ahli
diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian sosiologi komunikasi secara umum
adalah pelajaran dan pengetahuan dalam masyarakat, yang secara khusus
memberikan pengulasan tentang bentuk interakasi sosial di dalam kehidupan
manusia.
Contoh yang bisa diberikan dalam kajian sosiologi komunikasi
, misalnya saja perbedaan mengenai status sosial soseorang dalam masyarakat.
Semakin status sosialnya tinggi bisanya masyarakat semakin hilang atau
memudarnya komunikasi dengan tentangga, orangtua, atau bahkan dengan saudara.
Hal ini lantaran dipengaruhi rasa image atau menjaga status sosialnya agar
tetap terhormat.
Penelitian inilah bisa dikatakan sebagai salah satu kajian
dalam sosiologi komunikasi, kajian ini dilakukan dengan penelitian sosial. Oleh
karenannya sebagai studi pelajaran dan pengetahuan sosiologi komunikasi
memberikan penjelasan secara lengkap mengenai hubungan dalam masyarakat.
Manfaat
Sosiologi Komunikasi
Ada beragam bentuk manfaat yang
dipelajari seseorang ketika fokus dalam sosiologi komunikasi, manfaat tersebut
antara lain adalah sebagai berikut;
1.
Memberikan pengetahuan dan
wawasan mengenai tatacara berkomunikasi yang baik
2.
Dapat dengan mudah diterima
masyarakat/lingkungan
3.
Menciptakan kepekaan sosial
4.
Memberikan rasa percaya diri
dan tidak minder dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat.
Objek
kajian sosiologi komunikasi
Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal, sosiologi
mempelajari interaksi sosial. Ilmu komunikasi membahas tentang segalah hal yang
berkaitan dengan komunikasi. Dengan demikian kita bisa paparkan beberapa objek
kajiannya, seperti:
Media massa :
Mempelajari hubungan antara media massa dan masyarakat, bagaimana dampak
penyebaran informasi lewat media massa pada kehidupan sosial
Media Sosial :
Mempelajari dampak arus informasi yang disebarkan melalui media digital pada
masyarakat.
Budaya Pop :
Mempelajari proses penyebarluasan kultur populer yang menjadi konsumsi publik
lewat peran media sepeti musik dan film serta aktor.
Teknologi Informasi dan komunikasi : Mempelajari dampak
sosial dari perkembangan teknologi dan informasi
Interaksi Sosial : Mempelajari pola interaksi sosial yang
terbentuk di masyarakat. Objek kajian ini menunjukkan salah satu kesamaan
antara apa yang dipelajari dalam sosiologi dengan ilmu komunikasi.
Komentar
Posting Komentar