Pengertian Sosiologi Komunikasi dan Media menurut Para Ahli


Pengertian Sosiologi Komunikasi dan Media menurut Para Ahli


Soerjono Soekanto

Definisi sosiologi komunikasi adalah proses interaksi sosial dalam masyarakat yang saling memengaruhi antara terjadi pengaruh dalam postif dan negatif. Bila postif proses itu akan berlangsung elok akan tetapi jika

proses hubungan komunikasi dalam masyarakat negatif akan menimbulkan dinamika kelompok sosial dalam masyarakat.

Talcott Parsons

Teori tindakan atau action theory adalah teori tindakan sosial yang dicetuskan oleh Talcott Parsons. Teori tindakan adalah perspektif sosiologis yang menitikberatkan pada individu sebagai sebuah subyek. Teori tindakan memandang aksi atau tindakan sosial sebagai sesuatu yang secara sengaja dibentuk oleh individu dalam konteks yang diberi makna oleh mereka.
Pendekatan teori tindakan memiliki dasar atau didasarkan atas teori interpretif yang dicetuskan oleh Max Weber yang menyatakan bahwa adalah penting untuk mengetahui tujuan subyektif dan maksud pelaku tindakan sebelum seorang pengamat dapat memahami makna dari tindakan sosial yang dilakukan.

 Mc Quail

Pengertian sosiologi komunikasi adalah berlangsung hubungan interaksi sosial dalam masyarakat yang cangkupannya luas, seperti halnya mengunakan media massa. Hubungan tersebut berlangsung dalam jangka waktu tertentu sehingga menjadi sangat berpengaruh dalam masyarakat.

Erving Goffman

Menurutnya, sosiologi komunikasi adalah suatu cabang ilmu sosiologi yang khusus memberikan pengatahuan tentang cara berkomunikasi dalam masyarakat, cara ini diharapkan dapat menopang dan mengindari bentuk gejala sosial yang bersifat negatif.

Jurgen Habersmas

Tindakan komunikatif dalam sosiologi adalah tindakan kooperatif yang dilakukan oleh individu berdasarkan musyarawah dan argumentasi bersama. Istilah tindakan komunikasi dikembangkan oleh Jurgen Habersmas. Ia berpendapat bahwa interaksi manusia dalam salah satu bentuk dasarnya bersifat komunikatif dan bukan bersifat strategis.

Kesimpulan

Dari pengertian sosiologi komunikasi menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian sosiologi komunikasi secara umum adalah pelajaran dan pengetahuan dalam masyarakat, yang secara khusus memberikan pengulasan tentang bentuk interakasi sosial di dalam kehidupan manusia.
Contoh yang bisa diberikan dalam kajian sosiologi komunikasi , misalnya saja perbedaan mengenai status sosial soseorang dalam masyarakat. Semakin status sosialnya tinggi bisanya masyarakat semakin hilang atau memudarnya komunikasi dengan tentangga, orangtua, atau bahkan dengan saudara. Hal ini lantaran dipengaruhi rasa image atau menjaga status sosialnya agar tetap terhormat.

Penelitian inilah bisa dikatakan sebagai salah satu kajian dalam sosiologi komunikasi, kajian ini dilakukan dengan penelitian sosial. Oleh karenannya sebagai studi pelajaran dan pengetahuan sosiologi komunikasi  memberikan penjelasan secara lengkap mengenai hubungan dalam masyarakat.

Manfaat Sosiologi Komunikasi

Ada beragam bentuk manfaat yang dipelajari seseorang ketika fokus dalam sosiologi komunikasi, manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut;
1.      Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai tatacara berkomunikasi yang baik
2.      Dapat dengan mudah diterima masyarakat/lingkungan
3.      Menciptakan kepekaan sosial
4.      Memberikan rasa percaya diri dan tidak minder dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat.


Objek kajian sosiologi komunikasi

Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal, sosiologi mempelajari interaksi sosial. Ilmu komunikasi membahas tentang segalah hal yang berkaitan dengan komunikasi. Dengan demikian kita bisa paparkan beberapa objek kajiannya, seperti:
Media massa  : Mempelajari hubungan antara media massa dan masyarakat, bagaimana dampak penyebaran informasi lewat media massa pada kehidupan sosial
Media Sosial   : Mempelajari dampak arus informasi yang disebarkan melalui media digital pada masyarakat.
Budaya Pop     : Mempelajari proses penyebarluasan kultur populer yang menjadi konsumsi publik lewat peran media sepeti musik dan film serta aktor.
Teknologi Informasi dan komunikasi : Mempelajari dampak sosial dari perkembangan teknologi dan informasi
Interaksi Sosial : Mempelajari pola interaksi sosial yang terbentuk di masyarakat. Objek kajian ini menunjukkan salah satu kesamaan antara apa yang dipelajari dalam sosiologi dengan ilmu komunikasi.


Komentar

Postingan Populer